
Oleh: Keristin Oktalia
Dalam menjalani hidup pasti memerlukan kesibukkan supaya hidup terasa tidak terlalu jenuh. Menjalani kesibukkan sering diangkap sebagai sebuah aktivitas yang membuat seseorang mengalihkan pikiran dari aktivitas atau pengalaman lain yang tidak menyenangkan.
Namun, menjalani kesibukan dalam hal ini adalah kesibukkan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Ada juga yang melakukan kesibukkan demi mencapai tujuan hidup yang selama ini di impikan.
Memang hal ini baik dilakukan, tetapi apakah melakukan kesibukkan akan menjamin kesuksesan? Dilansir dari akun youtube Satu Persen – Indonesian Life School akan menjelaskan tentang kesibukkan dan kesuksesan.
Mungkin Anda disibukkan dengan berbagai tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan, seperti kuliah dan rapat, mungkin sibuk menjalani pekerjaan yang tidak selesai hingga harus lembur, atau mungkin Anda merasa kewalahan karena harus mengerjakan banyak hal dalam satu waktu.
Melakukan kesibukkan itu terkadang membuat seseorang menjadi sulit untuk memiliki waktu bersama keluarga, teman – teman, bahkan istirahat untuk tubuh sendiri pun akan merasa sulit. Lalu, apakah kesibukan yang dijalani bisa disebut sebagai produktivitas atau hanya sibuk?
Kalau Anda orang yang sibuk, pasti pekerjaan yang menumpuk dan menyita banyak waktu. Tetapi, jika Anda orang yang produktif, bisa jadi Anda memiliki lebih sedikit pekerjaan dan bisa fokus mengerjakannya dan bisa melakukan aktivitas lain.
Pekerjaan atau tugas yang Anda kerjakan cenderung tidak maksimal dan dilakukan secara terburu – buru ketika Anda sibuk. Tetapi ketika Anda produktif, Anda bisa fokus ke pekerjaan dan mendalami apa yang akan Anda lakukan.
Banyak yang mengatakan bahwa kerja keras merupakan pangkal dari kesuksesan, tetapi ternyata belum tentu. Kerja keras adalah bekerja dengan waktu yang lama dan memaksimalkan energi yang dimiliki.
Yang perlu diingat bahwa setiap manusia memiliki waktu dan tenaga yang terbatas.
Lalu dalam aktivitas manusia terdapat istilah kerja cerdas. Kerja cerdas adalah bagaimana cara kita bekerja dengan baik dan efisien untuk hasil yang lebih maksimal.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa bekerja secara cerdas.
1. Buat Perencanaan
Misalnya, Anda bisa membuat jadwal kegiatan dalam kurun waktu tertentu dan jangan lupa untuk mematuhi jadwal kegiatan tersebut.
2. Tentukan Tujuan
Tujuan merupakan bagian dari perencanaan. Tentukan juga mana yang menjadi prioritas atau yang harus lebih dulu diselesaikan dan mana yang bisa ditunda dulu sebentar.
3. Prioritaskan Hasil
Konsep produktivitas sendiri pada dasarnya berorientasi pada hasil atau produk.
4. Jangan Lupa Untuk Bekerja Sama dengan Rekan
Jangan lupa untuk bekerja sama dengan rekan kerja atau rekan kuliah untuk mencapai tujuan lebih mudah, apalagi jika Anda dan rekan Anda memiliki tujuan yang sama. Anda juga bisa meminta bantuan rekan untuk menghadapi kesulitas yang ada.
Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan seorang professional atau mentoring dengan Dosen Anda terkait permasalahan – permasalahan yang dihadapi sehingga dapat menemukan solusi dan mengurangi resiko kelelahan akibat tugas atau pekerjaan yang menyibukkan dan menghabiskan waktu terlalu banyak.
Sumber referensi: Akun youtube Satu Persen – Indonesian Life School, https://www.youtube.com/watch?v=ZuYP_fgqSyo
Sumber foto: https://pixabay.com/id/vectors/sidang-ilmu-pengetahuan-piktogram-1989711/